Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Kamis, 31 Maret 2011

Google Pernah Dibobol?

Perseteruan Google dengan pemerintah China hingga sekarang masih terus menghangat. Google sebelumnya mengancam untuk hengkang dari China setelah sejumlah hacker menyerang para pemilik akun gmail. Bagaimana cara hacker untuk menyusup ke akun Gmail dan menyebarkan malware di situs mesin pencari tersebut.

Financial Times melaporkan, para hacker mengawali aksinya dengan mencari alamat instant messaging (IM) para karyawan Google di china melalui situs jejaring sosial.

Orang yang diduga melakukan penyerangan ke Google dan sejumlah perusahaan kemudian meminta untuk menjadi 'teman' para karyawan Google. Ketika mereka telah menjalin pertemenan itulah, para hacker mengirimkan link yang berisi malware kepada para karyawan. Dengan demikian, malware akan menyebar begitu karyawn Google meng-klik link tersebut.

"Penyidikan menunjukkan bahwa penyerang telah memilih sejumlah karyawan perusahaan yang memiliki akses ke data-data penting dan mereka juga mempelajari teman-teman karyawan google lainnya," tulis Financial Times.
"Hacker telah menggunakan akun di jejaring sosial terhadap sejumlah karyawan dan telah menghitung sejumlah kemungkinan bahwa orang tersebut akan mengklik link yang dikirim," lanjut tulisan  Financial Times

George Kurtz, Chief Technology Officer McAfee membenarkan, penyerang banyak menggunakan program-program instant messaging yang digunakan karyawan untuk mendistribusikan malware.

Kendati demikian, Google juga tetap menyelidiki sejumlah karyawannya yang diduga terlibat dalam serangan yang dimulai sejak pertengahan Desember silam. Tak hanya Google, serangan hacker juga mengenai 30 komputer lainnya. Pemerintah China menyangkal tuduhan AS yang menyebutkan pihaknya terlibat dalam serangan cyber ke Google. China malah berbalik menuduh 'double standard' yang diterapkan AS merupakan bagian dari misi mereka untuk menerapkan kebebasan berinternet yang kian bergemuruh di berbagai negara.

Sambutan serentak dari Beijing datang setelah Gedung Putih menyebutkan Presiden AS Barack Obama khawatir mengetahui Google mengklaim pihaknya telah diserang oleh hacker asal China.

Seperti dilansir AFP, Selasa (26/1/2010), menanggapi serangan tersebut raksasa internet ini mengeluarkan pernyataan akan segera menghentikan operasionalnya di China. Google juga menyatakan tidak akan lagi tunduk pada sistem sensorship ketat yang diberlakukan pemerintah negeri tirai bambu tersebut. Sementara itu pemerintah China menolak tuduhan bahwa aksi hacking tersebut difasilitasi dan didanai oleh mereka.

"Berbagai tuduhan, baik secara gamblang maupun tersirat, yang menyebutkan bahwa pemerintah China berpartisipasi dalam serangan ini sangat tidak berdasar dan bertujuan untuk mencemarkan citra China," ujar juru bicara Kementerian Industri dan Tenologi Informasi China yang menolak disebutkan namanya

0 komentar:

Poskan Komentar

Bila berkenan, dimohon untuk berkomentar...
:)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...